بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ كَمَا بَدَأَ غَرِيبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ “Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.” (HR. Muslim no. 208)

Meniti Jalan Salaf

product

dzulqarnain.net

Detail | Pencari Ilmu

Tegar Di Atas Sunnah

product

Assunnah

Detail | My Way

Airmatakumengalir Blog

product

Dakwatuna

Detail | ilallaah

Komentar Jokam ttg musik I


    • 21 orang
      menyukai ini.
      • Adi Jm setuju lah.. :D bermusik dan bernyanyi boleh gk dijadikan mata pencaharian masbro?? kebetulan ane punya suara emas nih..x aja bs alih profesi.. hehehe..
        Kemarin jam 0:14 ·
      • Firdaus Umar yg penting, tetep dlm QHJ... kalau ngga dlm QHJ, ntar di akhirat jiwa rockers kita ada dimana mas bro? di neraka kan.. kan di neraka ga bisa bermusic2 ria..
        Kemarin jam 0:17 melalui seluler · · 1
      • Rikhie Supriyadi jangan jadiin mata pencaharian bro, cukup sebagai sarana tertentu aja.. dalilnya jelas kita gak boleh jadiin musik sebagai mata pencaharian. kita berusaha mutawari aja :)
        Kemarin jam 0:22 · · 1
      • Rikhie Supriyadi mata pencaharian ane sendiri di bidang jasa olah taman rekreasi, olah raga dan jasa penyewaan bus pariwisata serta kuliner. musik mah nomor sekian bro..
        Kemarin jam 0:25 · · 1
      • Deni Etet Hidayat kata guruku pondok balung jeruk,kertosono,..musik itu mutlak haram..andai SAw menghalalkannya,udah kayak NU kita. dalil larangan juga banyak..itu pendapat saya.
        Kemarin jam 0:26 melalui seluler · · 2
      • Rendy Ariawindana saya suka karawitan instumental sunda kalo lagi mau melepaskan beban pikiran.. untuk membuat sapi agar bisa bagus kualitasnya make intrumental/lagu seriosa/klasik.. kira2 yg ga boleh itu yg seperti apa yah? setiap bunyi yg ane dengarkan itu bisa menjadi irama intrumen yg indah, klo pengamen kan ada liriknya klo lagu alam? :D hadeuh pusing ah :))
        Kemarin jam 0:31 · · 1
      • Deni Etet Hidayat setahu sya,hiburan zaman nabi bukan musik,tpi sjnis ketangkasan beladiri ( walimahan)..di ahkam,bahkan ada ijtihad "out" di wonosalam bgi yg musikan..
        Kemarin jam 0:31 melalui seluler · · 2
      • Firdaus Umar tdk salah klo mgatakan music itu larangan. namun, ada hadis yg merukhsoh. yaitu saat hari raya, walimahan,itu diperbolehkan bermusic ria. jd,tdk mutlak larangan
        Kemarin jam 0:33 melalui seluler ·
      • Adi Jm alhdmlh be'arti ane bisa pesen cd album rikhie asbo gratisan.. :D
        Kemarin jam 0:37 ·
      • Deni Etet Hidayat kmangkulan sya pas taskehan muslim,( tahun kemarin) musik mutlak haram..perlahan,kita akan terapkan..selain mudhorot,efek sensasi melebihi candu...jdi becarffll
        Kemarin jam 0:39 melalui seluler · · 3
      • Rendy Ariawindana wah saya mah blm bisa terima kalo masih katanya.. ntar tak cek ke mubalek ane dulu lah :D
        Kemarin jam 0:44 ·
      • Rendy Ariawindana masalahnya klo lagi beladiri klo ga ada gendangnya ga semangat. gendang juga musik :D
        Kemarin jam 0:45 ·
      • Gindra Gunadi Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam, bersabda : “Inna minasy-sya’ri hikmatun”
        “Sesungguhnya di antara syair ada hikmahnya.” (HR. Bukhori No. Hadits: 5793).
        Kemarin jam 0:47 melalui seluler · · 3
      • Mansur Mbc jangan main2 dg hukum..
        Kemarin jam 0:52 · · 1
      • Firdaus Umar ane salut bg orang yg scra pribadi mengharamkan mutlak pd music sebab mutawarik... tp ane pribadi belum bisa kyk gt... moga ja bisa (but, I like music)
        Kemarin jam 1:07 melalui seluler ·
      • Diah Kusumahwati Nabi SAW bersabda:"Akan datang pd umatku bbrp kaum yg menghalalkan zina,sutra,khamr dan alat musik.... Kmd Allah menghancurkn mrk pd mlm hari,mhancurkn gunung & mrubah sbagian mrk mjd kera & babi sampai hr kiamat"
        Shahih bukhori, kitabu al-syurbah (X/no51)
        Kemarin jam 1:31 melalui seluler · · 2
      • Diah Kusumahwati ‎"Kemudian kami jadikan kamu berada diatas syari'at(peraturan) dr urusan agama itu, mk ikutilah syari'at itu dan jgnlah kmu ikuti hawa nafsu org-org yg tidak mengetahui (QS.Al-Jatsiyah[45]:18)
        Kemarin jam 1:37 melalui seluler · · 2
      • Ogut Keren Tasik Bersinar OGUT KEREN suka nyanyi kalau lagi galaw.
        nyanyian doa" pada allah.
        hehe
        Kemarin jam 1:41 melalui seluler ·
      • Are Is setuju bgt dengan mba diah,
        Sesuatu yg sudah jelas hukumnya jngan dtanya2kan lagi !
        Kemarin jam 1:45 melalui seluler · · 1
      • Diah Kusumahwati ‎@are is>> Alhamdulillah..jazakallohukhoir mas sudah mau menerima syari'at agama yg lurus ini.. smg Allah slalu paring barokah.
        Yuk saling mengingatkan dlm kebaikan..!!
        Kemarin jam 2:00 melalui seluler · · 1
      • Are Is ayuk mba, terutama diri sendiri mba klwrga n umumnya jamaah..!
        Pokoknya banyak banyak ngaji, byr dlm mengambil setiap masalah tePat dan sesuai dngn hukum yg syah
        Kemarin jam 2:11 melalui seluler · · 1
      • Andre Sang Kanan Ingat : "rayuan setan sangat halus, sesuatu yg menurut qta benar ternyata salah menurut Alloh SWT"
        Kemarin jam 2:12 melalui seluler · · 1
      • Wong Kreatif Menurut ane ya Jokamers, musik itu buat saya cuman sekedar hobby.. Hmm.. Ane sendiri juga kadang2 ngeband.. Metal apalagi.. Ane doyan banget.. Tp tetep metal satu jari.. Mataliyah itu menurut ane.. Hahahahaha.. Ajkk for all
        Kemarin jam 2:24 melalui seluler · · 1
      • Hamba Sahaya teman saya Abu Qila, mempertegas lagi bahwa musik itu memang haram. Bahkan sejak 2007 dirinya pun sudah bara'ah dari musik dan lagu2. Jadi, lebih baiknya kita mutawarik dan mencoba melepaskan diri dari lahan maupun syubhat.
        Kemarin jam 2:49 · · 1
      • Rendy Ariawindana hanba sahaya siapa nih? mengalihkan pembicaraan dr pertanyaan saya sebelumnya?
        Kemarin jam 2:50 · · 1
      • Hamba Sahaya Rendy Ariawindana : cukup admin aja yang tau. Insya allah lisensi sy jelas...
        Kemarin jam 2:52 ·
      • Rendy Ariawindana gua admin trus? gua ga tau tuh
        Kemarin jam 2:53 ·
      • Rendy Ariawindana ga jelas.. ga ada lisensi juga
        Kemarin jam 2:53 ·
      • Hamba Sahaya saya lihat di 11 daftar admin gak ada nama Rendy Ariawindana. yang ada beberapa nama kloningan dari Riawan Bhirawanto Soetrisno, Teguh Prayogo, Rikhie Supriyadi, dan Firdaus Umar. Rendy yg mana akunnya yg jadi admin ? Lisensi sy cukup di pegang Firdaus, Teguh, dan Pak Riawan. :-)
        Kemarin jam 2:56 ·
      • Rendy Ariawindana ah preet.. tanya c om riawan siapa gua.. gua yg nendangin orang2 ga jelas macem loe.. ato mao bukti bisa gua tendang?
        Kemarin jam 2:56 ·
      • Hamba Sahaya silakan aja...nanti sy insya allah masuk lagi. :-) masa' kesayangan dari Abu Qila ditendang ? Ter la lu !!!
        Kemarin jam 2:58 ·
      • Mansur Mbc ini topik ttg musik, tolong jangan kotori dg perdebatan yg akhirnya hanya akan ditertawakan member JU yg lain..
        perdebatan macam gini sungguh memuakkan bagi sy!
        ini forum terhormat..
        Kemarin jam 2:59 · · 2
      • Rendy Ariawindana pret gua juga ga peduli tuh mau abu killa abu gosok abu toyib ke
        Kemarin jam 2:59 ·
      • Rendy Ariawindana bau hitut laah!! bwakakak
        Kemarin jam 2:59 ·
      • Rendy Ariawindana iya om muak banget :)) BWAKAKAKAK
        Kemarin jam 3:00 ·
      • Hamba Sahaya Jadi intinya, musik itu HANYA diperkenankan saat perayaan hari raya dan walimahan, lainnya tidak. Coba saja simak di Ibnu Majah Juz 2 halaman 612-614 insya allah.
        Kemarin jam 3:04 · · 2
      • Rendy Ariawindana ah bau dah loe!! bwakakak
        Kemarin jam 3:04 ·
      • Mansur Mbc langsung gua cek ke TKP Ibnu Majah Hamba Sahaya, jika salah?
        Kemarin jam 3:05 · · 1
      • Hamba Sahaya Para ulama2 salafussolih memang suka bersyair seperti puisi, tetapi tanpa iringan musik, dan syair itu pun isinya biasanya nasihat2 agama...Insya allah.
        Kemarin jam 3:05 ·
      • Rendy Ariawindana perowinya ga jelas hamba "cacad" sahaya bwakakak.. ngomong loe!
        Kemarin jam 3:06 ·
      • Hamba Sahaya Mansur Mbc : Jika salah ya dibenarkan...insya allah di halaman2 awal 600an.
        Kemarin jam 3:06 ·
      • Rendy Ariawindana moron person with stupid fake another akun.. bwakakak
        Kemarin jam 3:06 ·
      • Rendy Ariawindana same like i say to wawan.. Hamba Sahayafake stupid akun wkwk
        Kemarin jam 3:07 ·
      • Rendy Ariawindana ‎^&$%$@W#^T(*OI FAK!!
        Kemarin jam 3:07 ·
      • Rendy Ariawindana WKWKKWKWKWK
        Kemarin jam 3:07 ·
      • Mansur Mbc Hamba Sahaya jangan main2 dg hukum agama!
        bicara kepastian, jangan anggapan..

        jika anda benar, maka jamaah pasti akan tetap di jalan hukum itu..
        dan itu bukan perkara baru mengenai taat pd hukum..
        Kemarin jam 3:08 · · 2
      • Rendy Ariawindana untuk masalah agama silahkan ditanyakan ke mubalegnya masih2 kelompok ga usah di debat.. case close bwakakakak
        Kemarin jam 3:09 ·
      • Hamba Sahaya silakan di cek Ibnu Majahnya mas, Insya Allah perihal musik dan lagu/nyanyian seputar halaman itu, beberapa bulan lalu sy pernah berdebat juga dgn talafi ttg hal musik.
        Kemarin jam 3:09 ·
      • Hamba Sahaya Maksudnya jika salah itu...salah halaman. Kalau hukum sudah jelas, dan hal pembolehannya juga sudah jelas masMansur Mbc.
        Kemarin jam 3:10 ·
      • Rendy Ariawindana preet.. orang bego yg memperdebatkan masalah agama.. agama itu untuk diamalkan bukan didebat.. moron!! wkwk
        Kemarin jam 3:11 ·
      • Boedi Jangan Nakal asiiik seru nih, Agamis vs Nasionalis
        {gayeum uyah} wkwkwk
        Kemarin jam 3:11 ·
      • Rendy Ariawindana yoi om.. mayan kan sore2 ngajak ribut orang xixixixii :p
        Kemarin jam 3:11 ·
      • Rendy Ariawindana sebelom ngangkat barbel lagi :p
        Kemarin jam 3:12 ·
      • Mansur Mbc Hamba Sahaya anda berarti sdh mankul bab tersebut?
        manqul itu anda dapatkan di pengajian mana?

        #pertanyaan sy bersambung
        Kemarin jam 3:14 · · 2
      • Rendy Ariawindana siip om mansur #ikut nyimak :)
        Kemarin jam 3:15 ·
      • Hamba Sahaya di pengajian kelompok mas Mansur Mbc ! udah ya...kalau mau mempertanyakan perihal sy, silakan inbox ke PakRiawan Bhirawanto Soetrisno, Teguh Prayogo, atau Firdaus Umar.
        Kemarin jam 3:16 ·
      • Hamba Sahaya saya mau ke SSGAH dulu...wassalam
        Kemarin jam 3:16 ·
      • Boedi Jangan Nakal saya mau ke JAMBAN dulu...wassalam juga :D
        Kemarin jam 3:18 ·
      • Rendy Ariawindana kabur dia bwakakaka.. pura2 sok baik dan minta referensi dari admin JU dan temen2 preet kabur dia wkwk.. just a fickin go away!! hahaha
        Kemarin jam 3:18 ·
      • Rendy Ariawindana saya mao ke pipis juga om
        Kemarin jam 3:18 ·
      • Mansur Mbc jazakallahu khoiro saudaraku Hamba Sahaya..
        jika pertanyaan sy terlihat aneh, itu hanya pancingan sy utk menggali ilmu anda tersalurkan secara utuh disini!
        sehingga member yg lain ikut secara sempurna melaksanakan hukum ini..

        ini bukan bicara keras atau lemahnya perdebatan/pertanyaan, tp ini masalah PENAJAMAN yg sy sengaja dg kata2 terselubung..

        sy husnudzonbillah anda bs meraba maksud terselubung sy..
        salam buat kyai kelompok anda ya..
        :-)
        Kemarin jam 3:20 · · 3
      • M Havid Husni Memang music dilarang dalam agam. . .Tpi ingat,alloh paling benci dengan orang "munafek",disini ngumbar2 dalil tntang music,tp gk taunya dia penggemar music,. . .Sungguh tidak pantas. . .ane si jujur aja,suka dengerin music. . .saat wktu luang,dari pada di cap orang munafek,
        Kemarin jam 3:35 melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana ter..la.. lu.. ggaga.. yg dalil seruling setan :)
        Kemarin jam 3:43 ·
      • Rikhie Supriyadi Hamba Sahaya itu salah satu pejuang jokam melawan talapret guys :) seru juga yah, di JU ini kita bisa ketemu sama orang2 yg panasan, intelek, humoris, polos, faham agama, dll :) moga2 Grup JU semakin bermanfaat utk memperkuat tali silaturohim kita, aamiin.
        Kemarin jam 4:10 · · 7
      • Vie Xhode dipostingan yll, ada pembahasan hal yg sama...tentang nyanyi...tetep aja aku mah krn mangkulannya blm brubah : Larangan jelasnya aku sih blm denger kecuali u/ perempuan coz suara perempuan itu aurat. Nb melarang wanita mengeraskan suaranya baik itu nyanyi, teriak, baca qur'an kenceng2, berpidato...Sehingga hadist ini ditegaskan oleh bp imam brupa aturannya bahwa : " wanita dilarang nyanyi, berpidato didepan umum, " Sementara Alat musik dan nyanyi adalah trompet syetan, maksutnya pada saat di nyanyikan akan mengundang syetan entah dia terlena atau lupa diri (tah jiga trio macan!) atau lupa waktu..shg mnimbulkan dosa. Dan nyanyi/musik itu adalah lahan! arti bebas dari lahan adalah m'mubadzirkan/menyia2kan waktu. Sementara lahan itu akan mengeraskan hati shg ktk dinasehati dia akan sulit. Nabi membolehkan seorg pria u/ menyanyi di hari penikahan hambanya dan org2 (termasuk perempuan) mendengarkannya sbg wujud kegembiraan anak adam mnikah. Dan membolehkan melakukan lahan pada hari raya ..lahan itu ga cuman nyanyi atau main band..tp bisa main game, jalan2..pokoknya pekerjaan yg ga manfaat itu dinamakan lahan. Bahkan larangan menonton bioskopun di hari raya sm bapak imam dibolehin. Catt : jika teman2 ada yg berbeda pemangkulan...selama smuanya sm2 mangkul, Maka hukumnya adalah syah dan lakukanlah apa yg telah dimangkulkan masing2,..maka ketika sudah dimangkulkan ternyata salah...maka Allah maha pengampun.
        Kemarin jam 5:06 · · 2
      • Vie Xhode Catt 2 : Nabi pernah melarang hambanya bertanya2 terus pada suatu kasus... "Janganlah kamu meperbanyak bertanya krn jika kalian banyak bertanya nisaya akan memberatkan diri kalian". Jadi lakukan apa yg pernah di mangkulkan masing2. Agama adalah haq..tidak bisa diperdebatkan!! Selama kita mangkul walaupun ternyata salah maka benar kata nabi, tapi kalo tidak mangkul ktk benar maka salah...apalagi kalo salah maka salah poll..
        Kemarin jam 5:11 · · 3
      • Deni Etet Hidayat tdi sya ketemu pak kasmudi: musik,haram. ( ibnu majah ). lebih baik penuh ( perutnya) drpd mendengar musik. pernah d bhas di text. sma sprti ghibah,rmeh-rnyah--
        Kemarin jam 5:13 melalui seluler · · 2
      • Deni Etet Hidayat kh kasmudi: andaikan musik boleh,wes enek mangkulan msik. intinya: jangan campuri ibadah dengan hal bidah ( musik). peace,ah. masalah surga neraka iki..
        Kemarin jam 5:17 melalui seluler · · 2
      • Deni Etet Hidayat ralat: lebh baik penuh nanah ( perutnya) daripada mendengar ( sejenis ) musik. andai dekat lapie,insya alloh sy bsa share lbih detail. ajkqr..
        Kemarin jam 5:22 melalui seluler · · 1
      • Almer Shaquille Pada asalnya, nyanyian itu berasal dari lantunan bait-bait syair yang menerangkan tentang sesuatu. Sehingga tidak benar jika kita menyebutkan bahwa nyanyian itu harom secara mutlak, tidak pula dinyatakan boleh secara mutlak. Oleh karenanya, Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam, bersabda :

        “Inna minasy-sya’ri hikmatun”

        Yang artinya: “Sesungguhnya di antara syair ada hikmahnya.” (HR. Bukhori No. Hadits: 5793).
        Kemarin jam 5:28 melalui seluler · · 1
      • Deni Etet Hidayat bray..syair sama musik beda..lihat kamus manapun,musik itu pakai alat..syair hak boleh ( ngandlin cengkok suara ). kayak syair mangkulan HNH..
        Kemarin jam 5:37 melalui seluler · · 2
      • Deni Etet Hidayat syair-lagu-musik itu definisi arti beda bos...yg paling di bahas adalah msik. kalo syair,memang ada mangkulane..lagu ( cengkok) gk ada,musik jelas...gk ad.
        Kemarin jam 5:41 melalui seluler · · 1
      • Rikhie Supriyadi ‎@dani: termasuk pengiring asad dan senam barokah haram yah bro?
        Kemarin jam 5:44 melalui seluler ·
      • Deni Etet Hidayat syair-lagu-musik itu definisi arti beda bos...yg paling di bahas adalah msik. kalo syair,memang ada mangkulane..lagu ( cengkok) gk ada,musik jelas...gk ad.
        Kemarin jam 5:46 melalui seluler · · 1
      • Deni Etet Hidayat pengiring: itu kiprah ( tambahan )..bukan alat ibadah.
        Kemarin jam 5:50 melalui seluler · · 1
      • Deni Etet Hidayat asad beda lgi,asad sama kembangan ( ngibing). benere asad adalah selfdefence JM..dan kembangan adalah tambahan semisal Baju-nya asad yg versi ipsi. amsl dipilah
        Kemarin jam 5:55 melalui seluler · · 1
      • Almer Shaquille ‎@Deni : bukanya di dalam asad ada iringan gendang, coba lihat hadits berikut :

        Hadits yang diriwayatkan oleh Abdulloh bin ‘Abbas, dia berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam telah bersabda: "Innallooha harroma 'alayya au hurrimal khomru wal maisiru wal kuubatu qoola wakullu muskirin haroomun", artinya: “Sesungguhnya Alloh telah mengharomkan atasku atau diharomkan khomr, judi, dan al-kubah (gendang). Dan setiap yang memabukkan itu harom.” (HR. Abu Dawud No. Hadits: 3696)
        Kemarin jam 6:01 melalui seluler ·
      • Are Is agama itu mudah, jngan dperdebatkan..syair boleh, musik dilarang..!
        Kemarin jam 6:02 melalui seluler · · 3

Comments
0 Comments

No Response to "Komentar Jokam ttg musik I"