بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ كَمَا بَدَأَ غَرِيبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ “Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.” (HR. Muslim no. 208)

Meniti Jalan Salaf

product

dzulqarnain.net

Detail | Pencari Ilmu

Tegar Di Atas Sunnah

product

Assunnah

Detail | My Way

Airmatakumengalir Blog

product

Dakwatuna

Detail | ilallaah

Komentar Jokam ttg musik II

      • Deni Etet Hidayat asad beda lgi,asad sama kembangan ( ngibing). benere asad adalah selfdefence JM..dan kembangan adalah tambahan semisal Baju-nya asad yg versi ipsi. amsl dipilah
        Kemarin jam 6:04 melalui seluler · · 2
      • Rendy Ariawindana Rieut aink mah.. Tanya mubaleg d kelompoknya masing2 klo dah ketemu jawabannya pake itu untuk patokan diri sendiri dulu.. Case close mari kita molor hehe
        Kemarin jam 6:06 melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana Dr pada debat agama mending sparing asad ama ane nyok..
        Kemarin jam 6:07 melalui seluler ·
      • Almer Shaquille ‎@Deni : sepakat
        Kemarin jam 6:09 melalui seluler · · 1
      • Kencana Hadianta apa bener musik dilarang kok saya gak pernah ngedenger ,lalu kenapa para mubalegh juga mendengarkan musik , bahkan dikelompok saya ketika ada acara baik perkawinan ,17an, atau rame2an, ada musiknya dangdut lagi padahal para pengurusnya banyak yg khatam kutubusitah, dirumah sabil ada computer SB didalamnya ada file musik sampe 4giga ,jadi gimana doooong, saya hobi banget ama musik,,,
        Kemarin jam 6:10 · · 1
      • Deni Etet Hidayat kendang dlm asad ( kembangan+ msik) itu ada jika ceremonial ada pejabat (misi FBB)..gk akn kta temui di acara sambung dll..( kiprah-bukan alat ibadah )..
        Kemarin jam 6:10 melalui seluler · · 2
      • Are Is kencana: hada musibah !
        Kya gtu g prlu dcontoh mz,, yg pnting kita tata diri kita saja.
        Kemarin jam 6:12 melalui seluler · · 3
      • Deni Etet Hidayat udahlah..banyak dalil larangan musik ( bukan syair di khadis loh )..klo ada MT dll bermusik? ya itu urusan beliu sama alloh..insya alloh begitu.
        Kemarin jam 6:18 melalui seluler · · 2
      • Kencana Hadianta kayaknya terlalu extrem jika musik diharamkan , terus kalo kita terlalu kaku terhadap hukum akan menyulitkan diri sendiri ,misalnya uang yg kita gunakan bersumber dari riba yaitu BI ,mata yg kita gunakan banyak melihat wanita disekitar kita yg tidak menutup auratnya, bahkan makanan yg kita makan banyak mengandung barang yg makruh bahkan mungkin haram baik dari bahannya atau cara menghasilkanya,mymen kita hidup dijaman akhir yg memang di kelilingi oleh lahan ,makruh, subhat dan haram, yg jelas gak mungkin kita bisa menghindari semuanya,,,
        Kemarin jam 6:18 · · 1
      • Kencana Hadianta bagi kita yg suka musik silahkan yg penting tidak melalaikan ibadah,bagi yg tidak mau mendengarkan musik juga silahkan bahkan lebih baik kalo mampu.
        Kemarin jam 6:20 · · 1
      • Kencana Hadianta bahkan bapa imam hanya melarang menyanyikan lagu2 yg berbau sirik,supaya jm tidak menjadi berat
        Kemarin jam 6:23 ·
      • Deni Etet Hidayat ‎@rendy: ni juga abis sparing pra kejurcab. waktunya tidur bos..by the way,bener..kita tanya MT n ulama terdekat. tabayun dan perbanyak silaturohim..wass wr wb
        Kemarin jam 6:23 melalui seluler · · 1
      • Rikhie Supriyadi insyaallooh.. Insyaalloh.. Insyaalloh.. We'll find a way.. #maher zain# -- haram!! Hehehe..
        Kemarin jam 6:27 melalui seluler · · 1
      • Deni Etet Hidayat woh iya luuuupa..yg ikut tread ini,dapat salam dari: Kh anshorudin ( trenggalek),(p mustofa royan)..semoga aselabar,berbuah berhasil. amin..
        Kemarin jam 6:30 melalui seluler · · 1
      • Rikhie Supriyadi ‎'alaika wa'alaihimus salaam :)
        Kemarin jam 6:32 melalui seluler ·
      • Mansur Mbc ‎'alaika wa'alaihimus salaam..
        Kemarin jam 7:20 ·
      • Mansur Mbc jamaah pasti surga, ga jamaah pasti neraka..

        apa yg begini juga dikatakan extreme Kencana Hadianta?
        Kemarin jam 7:28 ·
      • Kencana Hadianta ya tidak itu mah kewajiban dalam hal menetapi agama secara keseluruhan , hanya saja dalam menetapi agama dijaman akhir ini gak bisa terlalu kaku ,,,,maaf kalo gitu extremnya diralat.
        22 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta bahkan jamaah iman tidak jamaah kafir
        22 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana Sejak kapan ada dalil bilang tdk jamaah kafir? Hati2 dlm mengucapkan statement bos, tau ga apa itu kafir? Klo masih solat 5 waktu kafir yah? Coba mangkul lg yg bemer :) hehehehe
        22 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana Yg pasti surga itu orang iman, bkn jamaah, coba cek dulu deh :D
        22 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Hamba Sahaya kalau mau pindah bab, buka tread baru brader...tapi perkara "musik" ini di close dulu. baru deh kita buka bab baru, entah itu bab jamaah atau bab surga neraka...
        22 jam yang lalu · · 1
      • Kencana Hadianta maaf nih kalo salah , hanya saja ada dalil la islama illa bil jamaah,penjelasan yg saya terima "kalo bukan islam ya kafir, maaf sekali lagi kalo salah
        22 jam yang lalu · · 2
      • Rendy Ariawindana Hamba saha ya: udah ga usah ikut2tan dah ganggu orang aje

        Om kencana: santai ajah om hehehe.. Peace ah ;)
        22 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Kencana Hadianta its oke ,peace too.......he he he
        22 jam yang lalu · · 1
      • Wimba Zainrona Tirai 3: Anda Mendapatkan 100 Unit Tai Ayam
        22 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana Waah kereen.. Mayan buat pupuk kandang hihihi :D
        22 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Indatul Mustofa membc dalil d mengingat setiap nasihat"islam akn brpecah belah mnjd 73 golongan,yg 72 kneraka d yg satu ksurga wahiya jamaah".
        21 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rikhie Supriyadi ‎@wimba: ente jualan pupuk kandang bro? Bisa order gak ? Hehehe..
        21 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Ogut Keren Tasik Bersinar rame uy,
        21 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Riawan Bhirawanto Soetrisno Doorrrr......
        21 jam yang lalu · · 1
      • Mansur Mbc rame bermanfaat itu baik, rame yg ngawur itu baru memalukan..
        layaknya jamu yg pahit tp menyehatkan..

        teruslah saling menasehati dg ilmu dalil shohih sesuai QH, bukan dg rokyu atau pendapat pribadi..
        16 jam yang lalu · · 2
      • Rahmawaty SeMu betul betul betul :D
        15 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Yusron Aulia ‎112. ayam satu pada ayam dua, kondisi aman terkendali. over.!
        13 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Yusron Aulia ‎113. gak jadi komeng..
        12 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Vie Xhode ayam komeng aman terkendali...
        12 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi bro sis, musik itu kan haram, brarti shrsnya asad pake musik haram, senam barokah pake musik haram, nikahan pake musik haram ya? Tp faktanya gak diharamkan kan?
        11 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Satriyo Wibowo Ab saya pernah baca suatu hadis tetapi belum dimangkulin tentang musik,barangkali nanti bisa dicari hadisnya dan dimangkulin : " Rasululloh Shallallahu'alaihi wasallam bersabda :
        “Nanti pasti ada beberapa kelompok dari umatku yang menganggap bahwa zina, sutra, arak dan musik hukumnya halal, (padahal itu semua hukumnya haram).” (hadits shahih diriwayatkan Al-Bukhari dan Abu Daud).
        11 jam yang lalu · · 1
      • Vie Xhode Taun 80-90 an pernah jd polemik ktk kita mengkaji hadis Abu Daud (kalo ga salah) dimn disna dibahas masalah seni. baik suara, musik n lukis. Berhubung aye dr kluarga seni jd mnyimak banget. (babe= musik n vokal, aye kerja jd art player n disain, smtr krn darah seni..sodara2 juga doyan nanyi, musik n lukis)..krn polemik spr itu akhirnya sampai ke atas (pak Dhohir alm)...jd smua dikembalikan ke hadist yg gua pernah posting diatas. Jd slama tidak mlanggar ya ok 2aja... dan Lahan itu tidak benar2 dilarang (krn dlm keseharian tidak bisa terlepas dari lahan) hanya ditegaskan dlm suatu hadist : JGN MEMPERBANYAK LAHAN SSGNYA MEMPERBANYAK LAHAN AKAN MENGERASKAN HATI. BIasanya pekerja seni akan lbh mutawari terhadap larangan2 yg berhubungan dg seni sehingga berharap dalam maisah dia bs barokah... coba aja colek mabk Ida Daniar Royani yg swami n sahabatnya (alm ben) sbg pekerja seni khususnya musik n vokal!
        11 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana saya blm sikat gigi hoaah
        11 jam yang lalu ·
      • Yusron Aulia bukankah tidak di perkenanken membahas masalah hukum di gruB ini?

        sp 1 buat yg bikin rules
        11 jam yang lalu melalui seluler ·
      • M Havid Husni Kijang 4,kijang 4,nabrak pohon TQ
        11 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Muhammad Adnan Belajar menghargai pendapat dan perbedaan orang lain,selama tidak melanggar QH...`
        11 jam yang lalu · · 1
      • Yusron Aulia gorila pada kijang, pohon toge pa kencur? ganti!
        11 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Muhammad Adnan Sundul ke langit ke 7..
        10 jam yang lalu ·
      • M Havid Husni Kencur layu,kencur layu.krkrkkkkk,gantung
        10 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Vie Xhode Kalo pengen OK mlaksanakan aturan QHJ yaitu,,,mangkul aja langsung, Ane komen diatas smua krn ane mangkul. Dan slama mangkul walopun salah maka benar. So kembalikan pada mangkulan masing2 kalo bingung n gaje tanya langsung sm MT ato org yg pernah mangkulin ilmu tsb... kalo kurang yakin maka tanyakan sm gurunya MT...kalo ga yakin lagi tanya terus sampai ke atas itu fungsinya mangkul tapi ingat dalil : JGN MEMPERBANYAK BERTANYA SESUNGGUHNYA DMK ITU AKAN MEMBERATKAN KM SKLAIAN
        10 jam yang lalu · · 1
      • Farin Ubaidulloh music never die
        10 jam yang lalu ·
      • Muhammad Adnan ‎"Malu bertanya sesat di jalan,kebanyakan bertanya tidak tau malu"..
        10 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana jigongnya asin
        10 jam yang lalu ·
      • Farin Ubaidulloh mending pada kopdar makan2,mie ayam apa bakso gitu,,hayo2,,laksanakan
        10 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana gua molor aja lah.. masalahnya setiap duara yg gua denger itu musik takut dosa.. hahaha..

        ditambah pekerjaan gua berhubungan dengan komputer.. untuk beberapa aplikasi multimedianya menggunakan musik.. klo haram berarti saya ga usah kerja ajah yah sekalian.. kalo gitu bisa bantuin cari pekerjaan lain? give me a solution bagi yg memberikan dalil di atas :)
        10 jam yang lalu · · 1
      • Farin Ubaidulloh hahahaha... intinya jaman sekarang kalau mau cari yang 100% pekerjaannya halal ,sulit,, kan gak pada tau kalo yang bekerja di perusahaan,duitnya pada lari ke bank deposito.tradinglah,,,belum juga ada hal yang menyangkut riba lah,,terus piye???music juga gak boleh??terus piye????mau gak makan???mau gak ibadah????mau gak shodakoh???
        10 jam yang lalu ·
      • Mansur Mbc tolong dipilah pembahasan tentang:
        1) jamaah main band
        2) jamaah yg mendengarkan musik/lagu

        dan keduanya adalah hal berbeda..

        tp kenapa kita masih saling ngotot memperdebatkan hal yg nyata-nyata berbeda?
        mendebatkannya pun "ada" yg ga pake dalil dan hanya ro'yu yg LUCU jika dibaca..
        jika kaum salafi atau golongan barisan sakit hati tau ttg ini..

        sudahlah, didebat gimanapun hukum islam itu sudah jadi..
        itu diluar boleh atau tidaknya jamaah main band, kembalikan aja bahwa itu semua urusan pribadi jamaah dg Allah..

        atau teruskan saja pertengkaran BODOH ini,
        10 jam yang lalu · · 3
      • Farin Ubaidulloh setuju,,teruskan,,,hahaha,,jeduer..jeduer..jeduer..
        10 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana lanjtin biar rame ah.. :p

        low bikin lagu masuknya ke mana? game, multimedia, company profile itu saya mengarasemen lagu artinya bikin lagu artinya band digital, trus untuk beberapa kasus juga saya bikin lagu untuk event ttu.. jadi? ahh.. gimana nih kok ga jelas.. klo ga boleh saya akan meninggalkan itu semua tapi pengurusnya jgn lepas tangan yah klo saya udah keluar.. karena saya masih menafkahi istri dan anak2 saya :p
        10 jam yang lalu · · 1
      • Farin Ubaidulloh ‎86 sundul terus sampai bunyi,,tiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiitttttttttt
        10 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana bisnis kolam renang juga ga boleh karena ngumbar aurat, kerja tambang juga ga boleh karena merusak alam, kerja di bertani ga boleh juga karena kebanyakan rata2 terlalu lama bertani lupa zikir dll bisa jadi lahan, bekerja broadcasting ga boleh karena mencitrakan aurat wanita dan banyak mengumbarkan iklan2 bohong ga barokan, kerja di properti juga ga boleh karena melegalkan penganiayaan masyarakan karena banyak ngebebasin lahan rakyat secara paksa dan premanisme, kerja di pemerintahan juga ga boleh karena banyak uang korupsinya, bekerja supir juga ga boleh karena angkotnya mengangkut pria dan wanita ga dipisah2 dll intinya ga usah kerja paeh weh hahaha :))
        10 jam yang lalu · · 1
      • Mansur Mbc Rendy Ariawindana ga usah berlebihan....
        9 jam yang lalu · · 2
      • Farin Ubaidulloh hahahahahhahahah... intinya jangan menharomkan sesuatu yang belum pernah di haromkan oleh alloh atau rosululloh,,
        9 jam yang lalu · · 1
      • Diah Kusumahwati ‎>Bukan baku hantam/baku syahwat bukti lelaki pejantan,tp baku jihad hawa nafsu adl tanda pjantan
        >Bkn bagusx lisan tanda ia tpelajar,tp beratx pemahamn Qur'an tanda tpelajar
        >lelaki yg mhafal musik takkan jd panduan bimbingan hdp,tp yg hafal & faham quran.
        9 jam yang lalu melalui seluler · · 2
      • Rendy Ariawindana ga boleh kerja forwarding karena membuat kaya orang2 kafir yahudi
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana ga boleh cuci baju karena isrof airnya
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa 8&%^%e#^&%^*viu^&%&^$&^%*&
        9 jam yang lalu ·
      • Yusron Aulia malu bertanya sesat di kamar.
        9 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Farin Ubaidulloh gak boleh kerja di hotel karna hotel menjual wine,mensewakan kamar yang terkadang di pake mesum
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana IYA hihihihihi.. dulu ane kerja di properti, megang hotel dan apartemen klo laagi ada trouble shooting itu yg paling bikin galau
        9 jam yang lalu ·
      • Vie Xhode Makanya yg ane tau lahan ntu aja ga dilatang..tp jgn memperbanyak lahan! coz lahan bs ngerasin hati...tapi kalo c lay han han bs mengaraskan " " pria!..qqqq
        9 jam yang lalu ·
      • Vie Xhode ralat : latang --> larang
        9 jam yang lalu ·
      • Farin Ubaidulloh waduh ci lay han han itu apa???ko' pria jadi keras bersmanya,,hahahhaaha
        9 jam yang lalu ·
      • Farin Ubaidulloh huahahahha,,,kaya' gitu mah sekarang udah banyak,,berjalan di pacificplace,,hahahah,,dulu marriott hotel juga udah biasa om liat gitu..hahaha gak sengaja tapi sering terus piye????
        9 jam yang lalu ·
      • Sidik Kidis itu mah uhronya bang Rendy Ariawindana: asal jangan keterusan wkwkwkw :D
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana om farin : iye ane juga kan sering ka PP hahaha.. ampe bosen ane liatnya hahaha..

        sidik : pasti keterusan bro masalahnya klo yg errornya tiap kamar banyak banget kumaha tah @,@
        9 jam yang lalu ·
      • Sidik Kidis ‎1 x liat uhro, 2x dosa , 3x jinah mata , nah kalo dah liat jangan meureum bro wkwkwk sampe berair matanya heheheh :D kidding,
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana yah pokonya mah yah klo ada masalah soal dalil agama yah buka2 lagi hadistnya trus perjelas ama mas mubalegnya isyaallah menemukan pencerahan :D
        9 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana sidik : di ganjeulan ku paku nyak :))
        9 jam yang lalu ·
      • Sidik Kidis ‎=)) wkwkwkwk jangan pake, pake di hekter aja matanya sambung ke alis hwhwhwhhhhhaa..
        9 jam yang lalu ·
      • Farin Ubaidulloh intinya sekarang makan duluah,,setelah itu kibarkan bendera perang..hahahahah..loh.loh opo iki..hehehe
        9 jam yang lalu ·
      • Sidik Kidis perang bantal (--)
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhh kabur ah.. gua masih normal =))
        9 jam yang lalu ·
      • Vie Xhode Kaci lake Ren ari sa sret mah nu teu meunang mah pan sa sret 2 sret
        9 jam yang lalu ·
      • Sidik Kidis normal tapi masih suka ayam betina =)) wkwkwkkwkww ( buat dimakan) wkwkwkw
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana iya betina lah ngapain perang bantal.. lama2 loe ngajakin gua maen berbie lagi hahahahahahag
        9 jam yang lalu ·
      • Sidik Kidis Farin Ubaidulloh <--- katanya makan, terus perang,biasanya kalo dah makan tidur makanya perang sama bantal tiiidduuurr maksute =)) beuh (--)" ga nyampe ckckkckck =))
        9 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta seimbangkan aja antara lahan dan ibadah jadi hatinya gak keras
        9 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana iiiiiiiiiiiiiiiiihhhh
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana hahahahahaha
        9 jam yang lalu ·
      • Sidik Kidis ‎:D wakakakak
        9 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta up up up, biar mengalahkan komennya mas letect
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana siaaaaaaaaaaaapppp :p
        9 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana lalalalala :)
        9 jam yang lalu ·
      • Farin Ubaidulloh tîïíīįìiôöòóœœøōõè
        9 jam yang lalu ·
      • Almer Shaquille Omongan yang Nggak manfaat banggget .. Menuhin2 email
        8 jam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Rikhie Supriyadi Almer Shaquille: pa kabar bro? baru komeng yah? kemana aja? komengnya berbobot banget :D
        8 jam yang lalu · · 1
      • Almer Shaquille Punten Ms Rikhie, postingan bagus sayang dikotorin dengan komeng yang ngasal .. :(
        8 jam yang lalu melalui seluler · · 2
      • Rendy Ariawindana Menuhin email? Emank loe kaga seting fb email nitificationnya bro?
        7 jam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Almer Shaquille Sy kan penggemar JU, jadi sayang kalau ada postingan yg terlewatkan .. Bs dimonetor via BB
        7 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Firdaus Umar Disundul terus smpe mentok
        7 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Yusron Aulia gorila monitoring, kamar jessica unyu terkontaminasi kentut macan. over!
        7 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rikhie Supriyadi Rendy Ariawindana: harap inbox ke saya kipok, kides, kida dan no hp anda.. anda sy tengarai sebagai jokam ndal ndul wkwkwk..
        7 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana Gua ke z2t ki, c arum ma lia mao ambil bajunya ceunah
        7 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rikhie Supriyadi Rendy Ariawindana: bawa bini lo yah..
        7 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana Sttt.. Bini gw lg keluar ini jg gw kabur wkwk.. Lebayy
        7 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rikhie Supriyadi menurut ane, postingan ini bukan untuk diperdebatkan, tapi untuk dikritik oleh para member dan diambil positifnya. lumayan kan, member2 yg selama ini pada vakum dan menyimpan ilmunya jadi pada kepancing untuk berbagi ilmunya di sini hehehe..
        6 jam yang lalu · · 1
      • Ogut Keren Tasik Bersinar jiga JLC wae,perang debat,,d totok akh hatena.saur wong jowo mah...
        lereus mas rikhie
        6 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Noviyan Van Yogya ماو مينوم كوفي دولو..
        6 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi Ogut Keren Tasik Bersinar: yeeh ini mah bukan perang debat bro, tapi memberdayakan potensi para member JU hehehe.
        6 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi Noviyan Van Yogya: mana SL buat Hani Mulya Jmnya bro?
        6 jam yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya SL buat ummu hani, kebetulan blanko SL-nya habis. pulpennya ketinggalan pas arisan td pagi... Jadi masih kepending :-)
        6 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi jiiaah.. gak seru ah..
        6 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi ehehehe..
        6 jam yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya ummu Hani Mulya Jm where are you now??
        6 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi Noviyan Van Yogya: still waiting for your SL bro wkwkwk..
        6 jam yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya ok bro
        6 jam yang lalu ·
      • Yusron Aulia HMJ said : im here darleng..
        6 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Noviyan Van Yogya In every man success, there is woman behind him
        5 jam yang lalu ·
      • Egi Bro Komeng ga ya...!
        4 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Riawan Bhirawanto Soetrisno Mas Noviyan Van Yogya, jangan salah kirim SL ke Maaz Roolleey Wienando Ya.....
        3 jam yang lalu · · 1
      • Rikhie Supriyadi ‎@mas wawan: ngirim sl nya sekaligus 4 ya mas? Xixixi..
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler · · 1


  • Comments
    1 Comments

    1 Response to "Komentar Jokam ttg musik II"

    Anonim mengatakan...

    daripada mendebatkan musik mending baca ini :
    Di kalangan tarekat sufi sangat terkenal adanya pembagian agama menjadi 3 tingkatan yaitu: Syari’at, Ma’rifat dan Hakikat. Orang/wali yang sudah mencapai tingkatan ma’rifat sudah tidak lagi terbebani aturan syari’at; sehingga dia tidak lagi wajib untuk sholat dan bebas melakukan apapun yang dia inginkan…
    di kalangan jamaah Ld** ada program 354 nya kalo udah fol 354 nya yakin masuk surga katanya....
    demikianlah sebagian keanehan yang ada di seputar pembagian ini. Apakah pembagian semacam ini dikenal di dalam Islam?
    Rosululloh shollallahu ‘alaihi wa sallam suatu hari pernah didatangi malaikat Jibril dalam wujud seorang lelaki yang tidak dikenali jatidirinya oleh para sahabat yang ada pada saat itu, dia menanyakan kepada beliau tentang Islam, Iman dan Ihsan. Setelah beliau menjawab berbagai pertanyaan Jibril dan dia pun telah meninggalkan mereka, maka pada suatu kesempatan Rosululloh bertanya kepada sahabat Umar bin Khoththob, “Wahai Umar, tahukah kamu siapakah orang yang bertanya itu ?” Maka Umar menjawab, “Alloh dan Rosul-Nya lah yang lebih tahu”. Nabi pun bersabda, “Sesungguhnya dia itu adalah Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian.” (HR. Muslim).
    ialah hadits Jibril[1] yg masyhur, yg diriwayatkan dari ‘Umar bin Al-Khaththab Radhiyallahu ‘anhu.
    “artinya sbb : Ketika kami sedang duduk di sisi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba muncul ke arah kami seorang laki-laki, sangat putih pakaiannya, hitam pekat rambutnya, tdk tampak pada tubuh tanda-tanda sehabis dari bepergian jauh dan tiada seorangpun di antara kami yg mengenalnya. Lalu orang itu duduk di hadapan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dgn menyandarkan kelutut pada kedua lutut beliau serta meletakkan kedua telapak tangan di atas kedua paha beliau, dan berkata : ‘Ya Muhammad, beritahulah aku tentang Islam’, maka beliau menjawab :’Yaitu : bersyahadat bahwa tiada sesembahan yg haq selain Allah serta Muhammad ialah Rasulullah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, melakukan shiyam pada bulan Ramadhan dan melaksanakan haji ke Baitullah jika kamu mampu untuk mengadakan perjalanan ke sana’. Lelaki itu pun berkata : ‘Benarlah engkau’. Kata Umar :’Kami merasa heran kpdnya, ia berta kpd beliau, tetapi juga membenarkan beliau. Lalu ia berkata : ‘Beritahulah aku tenatng Iman’. Beliau menjawab :’Yaitu : Beriman kpd Allah, para Malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya dan hari Akhirat, serta beriman kpd Qadar yg baik dan yg buruk’. Ia pun berkata : ‘Benarlah engkau’. Kemudian ia berkata : ‘Beritahullah aku tentang Ihsan’. Beliau menjawab : Yaitu : Beribadah kpd Allah dalam keadaan seakan-akan kamu melihat-Nya. Jika kamu tdk melihat-Nya, maka sesungguh Dia melihatmu’. Ia berkata lagi. Beritahulah aku tentang hari Kiamat. Beliau menjawab : ‘Orang yg dita tentang hal tersebut tdk lebih tahu dari pada orang yg bertanya’. AKhir ia berkata :’Beritahulah aku sebagian dari tanda-tanda Kiamat itu’. Beliau menjawab : Yaitu : ‘Apabila ada hamba sahaya wanita melahirkan tuan dan apabila kamu melihat orang-orang tak beralas kaki, tak berpakaian sempurna melarat lagi, pengembala domba saling membangga-banggakan diri dalam membangun bangunan yg tinggi’. Kata Umar : Lalu pergilah orang laki-laki itu, semantara kami berdiam diri saja dalam waktu yg lama, sehingga Nabi berta : Hai Umar, tahukah kamu siapakah orang yg berta itu ? Aku menjawab : Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau pun bersabda : ‘Dia ialah Jibril, telah datang kpd kalian untuk mengajarkan urusan agama kalian”.