بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: بَدَأَ الْإِسْلَامُ غَرِيبًا وَسَيَعُودُ كَمَا بَدَأَ غَرِيبًا فَطُوبَى لِلْغُرَبَاءِ “Islam muncul dalam keadaan asing, dan ia akan kembali dalam keadaan asing, maka beruntunglah orang-orang yang terasingkan itu.” (HR. Muslim no. 208)

Meniti Jalan Salaf

product

dzulqarnain.net

Detail | Pencari Ilmu

Tegar Di Atas Sunnah

product

Assunnah

Detail | My Way

Airmatakumengalir Blog

product

Dakwatuna

Detail | ilallaah

Mudah-mudahan Jokam seperti ini...

Assalamu'alaikum...

Beberapa waktu yang lalu ada pembahasan mengenai lahan dan musik di grup ini.
Jika berkenan ijinkan saya ikut urun rembuk.

Setahu saya, berdasar fatwa dari salah satu lama kita, yaitu Syekh Abdul Aziz Ridwan, seluruh alat musik itu haram. Hukum aslinya memang seperti itu. Abu Bakar RA menyebut alat musik sebagai "seruling syetan" (saat Aisyah dan teman2nya bermain alat musik di samping Rasulullah SAW yang sedang tertidur).

Beliau menyampaikan fatwa tersebut saat asrama Bukhori di Pondok Wali Barokah beberapa bulan lalu (silahkan ditabayyunkan dengan beliau jika anda ingin lebih mantap). Adapun rujukan detail dalilnya belum beliau sebutkan saat itu atau sudah disebutkan tapi saya yang lupa.

Yang haram adalah alat musiknya. Adapun syair itu boleh karena Rasulullah sendiri pernah bersyair saat menggali parit (Perang Khondaq/Ahzab). Ulama2 Mekkah sering menggunakan rijaz (pantun) untuk membuat cantolan2 ilmu kepada muridnya.

Namun demikian, menurut saya pribadi, dalam zaman saat ini tidak mungkin kita bisa lepas dari lahan dan dosa yang sudah tersebar begitu banyak disekitar kita. Sehingga, mari kita perbanyak istighfar dan shodaqoh untuk "menambal" amalan kita.

Bagi anda yang sudah punya ilmu lebih banyak, mungkin bisa menambahkan agar kita bisa lebih bijak menyikapi pengaruh2 disekitar kita.

Saya sekedar menyampaikan hal ini karena takut jika saya dikatakan menyimpan ilmu dan terkena dalil adzab Allah akan menimpa orang yang menyimpan ilmu.

Mohon maaf bila anda kurang berkenan.
Please correct me if I wrong.

Alhamdulillah Jazakumullohu Khoiro
Wassalamu'alaikum...
· · · Kemarin jam 6:46

Comments
0 Comments

No Response to "Mudah-mudahan Jokam seperti ini..."