• Lagu-Laguan Adalah Suara Setan

    Di antara masalah yang (merupakan bencana yang merata) adalah bencana musik dan lagu-laguan. Allah ta’ala berfirman:

    وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَشْتَرِي لَهْوَ الْحَدِيثِ لِيُضِلَّ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ بِغَيْرِ عِلْمٍ وَيَتَّخِذَهَا هُزُوًا أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ مُهِينٌ

    “Dan di antara manusia (ada) orang yang mempergunakan lahwal hadits (Hal-hal dan perkataan yang tak berguna) untuk menyesatkan (manusia) dari jalan Allah.” (QS. Luqman : 6)

    Memang kenyataannya demikian, musik dan lagu-laguan yang notabene merupakan lahwal hadits telah menghambat manusia dari memahami Al-Qur’an bahkan dari membacanya. Telinga yang semestinya penuh dengan ayat-ayat Al-Qur’an sekarang telah tersumbat dengan lagu-laguan, mulut yang semestinya basah dengan bacaan Al-Qur’an sekarang basah dengan lagu-laguan.

    Allah ta’ala berfirman:

    وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لا تَسْمَعُوا لِهَذَا الْقُرْآنِ وَالْغَوْا فِيهِ لَعَلَّكُمْ تَغْلِبُونَ

    “Dan orang-orang kafir berkata, “Janganlah kamu mendengarkan akan Al-Qur’an ini dengan sungguh-sungguh dan (buat) hiruk pikuklah terhadapnya supaya kamu bisa mengalahkan (mereka) (QS. Fushshilat: 26)

    Maha benar Allah, mereka telah membikin hiruk pikuk dengan siaran TV, Radio, Kaset, dll, yang kebanyakan melalaikan dari Al Qur’an.

    Allah ta’ala berfirman:

    أَفَمِنْ هَذَا الْحَدِيثِ تَعْجَبُونَ (٥٩) وَتَضْحَكُونَ وَلا تَبْكُونَ (٦٠) وَأَنْتُمْ سَامِدُونَ (٦١)

    “Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini ? Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis. Sedang kamu melengahkan (nya)”. (QS. An Najm 59-61)

    Saamidun berasal dari kata AS-Samadu, Ibnu ‘Abbas berkata As-Samadu dalam bahasa Himyar adalah Al-Ghinaa (lagu-laguan).

    Jadi arti Saamidun: kalian bernyanyi. Dalam ayat itu Allah mengingkari perbuatan orang kafir

    Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

    لَيَكُوْ نَنَّ فِىْ أُمَّتِىْ اَقْوَامٌ يَسْتَحِلُّوْنَ الْحِرَّ وَ الْحَرِيْرَ وَالْخَمْرَ وَالْمَعَازِفَ (رواه البخارى)

    “Sungguh akan ada pada umatku kaum-kaum yang menganggap halal (menghalalkan) zina, memakai sutra (laki-laki maksudnya), khomr (minuman keras) dan alat musik”. (HR. Bukhari)

    Kabar rasul ini telah terjadi, seperti yang kita alami.

    Allah ta’ala telah memberi tanda ‘Ibaadurrahman (hamba-hamba Allah Yang Maha Penyayang) Dalam firmanya:

    وَالَّذِينَ لا يَشْهَدُونَ الزُّورَ وَإِذَا مَرُّوا بِاللَّغْوِ مَرُّوا كِرَامًا (٧٢)

    “Dan (mereka itu) orang-orang yang tidak menyaksikan Azzur, dan apabila mereka bertemu dengan (orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaidah mereka berlalu saja dengan menjaga kehormatan”. (QS. Al-Furqan: 72)

    Muhammad Ibnu Al Hanafiyyah rahimahullah berkata Azzur : adalah (lagu-laguan) dalam ayat ini.

    Ibnu Masud radliyallahu ‘anhu berkata : Al-Ghinaa itu menumbuhkan kenifaqan di dalam hati sebagai mana air mensuburkan tanaman.

    Yazid Ibnu Alwalid berkata: Hati-hatilah kalian terhadap musik karena hal itu mengurangi sifat malu, menambah nafsu birahi (syahwat), menghancurkan muru‘ah (harga diri dan sifat-sifat mulia). Dia itu pendamping khamr, dan bereaksi seperti reaksinya sesuatu yang memabukan.

    Dan dikatakan: bahwa Al-Ghinaa itu pembimbing segala kema’shiyatan.

    Imam keempat madzab rahimahumullah mengatakan pelarangan Al-Ghinaa :

    Imam Abu Hanifah berkata; “Bersengaja mendengarkan (musik dan lagu-laguan) adalah kefasikan.
    Imam Malik berkata ketika ditanya tentang Al-Ghinaa itu hanya dilakukan oleh orang-orang fasiq.
    Imam Asy Syafiy berkata , Al-Ghinaa “Adalah لـهو(permainan) yang dibenci sekali, dan persis (sama) dengan kebathilan. Dan barang siapa yang banyak melakukannya maka dia itu سفيه (orang lemah akalnya) yang ditolak kesaksiannya.
    Imam Ahmad Ibnu Hambal berkata, Al-Ghinaa itu menumbuhkan kemunafikan di dalam hati, saya tidak tertarik sama sekali.
    Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

    وَاسْتَفْزِزْ مَنِ اسْتَطَعْتَ مِنْهُمْ بِصَوْتِكَ

    “Dan hasunglah siapa yang kamu sanggupi diantara mereka dengan suara kamu”. (Al Isra: 64)

    Imam Mujahid berkata: Suara syaitan adalah Al-Ghinaa

    Diujung tulisan ini saya tuturkan perkataan Syaikh Azzahrany:

    حُبُّ الْكِتَابِ وَحُبُّ ألْحَانِ الْغِنَا – فىِ قَلْبِ عَبْدٍ لَيْسَ يَجْتَمِعَانِ
    Cinta Al-Kitab (Al-Qur’an) dan cinta lantunan musik

    Di hati seorang hamba tidak mungkin keduanya berkumpul.

    (Diambil dari kitab Wiqayatul Insan dan yang lainnya)
    · · · 8 jam yang lalu
    • 11 orang menyukai ini.
      • Daeng Malik ha ha,,,kasihan sekali manusia sekarang ini,,,,jika ada yg main band malah dibolehkan dgn alasan "MERAMUT"..agama yg aneh.....meramut ya di ajak ngaji,,,,,,
        8 jam yang lalu ·
      • Puty Jasmine memang saat ini banyak yang "ngakali" dalil.
        8 jam yang lalu ·
      • Daeng Malik ngakali dalil dgn alasan meramut = memperkuat amalan syaithon,,,na udzu billaah
        8 jam yang lalu ·
      • Puty Jasmine sudah jelas nasihat guru Islam Syaikh Azzahrany:

        حُبُّ الْكِتَابِ وَحُبُّ ألْحَانِ الْغِنَا – فىِ قَلْبِ عَبْدٍ لَيْسَ يَجْتَمِعَانِ
        Cinta Al-Kitab (Al-Qur’an) dan cinta lantunan musik

        Di hati seorang hamba tidak mungkin keduanya (alqur'an dan musik/lagu-pen) berkumpul.
        8 jam yang lalu · · 2
      • Daeng Malik kefahaman agama betul2 terkikis,,,
        8 jam yang lalu ·
      • Zul Fadhly great post...
        8 jam yang lalu ·
      • Hani Mulya Jm Nyimak.
        Samp saat ini masih belum mampu meninggalkan lahan yg ini. Sy suka dengerin musik, tapi sy memilihnya. Musik yg keras tentu akan mengeraskan hati kita.
        Sy lebih suka dg lagu2 religi tapi yg musiknya tidak keras, or lagu2 nasyid.
        7 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Puty Jasmine Jika kita berfikir tujuan utama manusia hidup didunia ialah mempersiapkan bekal untuk kehidupan yang kekal yaitu akherat, lalu sudahkah perbuatan yang telah dilakukan kita merupakan manifestasi kecintaan kita kepada Allah Swt?
        Cermin yang paling baik adalah masa lalu, setiap individu memiliki masa lalu yang baik ataupun buruk, dan sebaik-baik manusia adalah selalu mengevaluasi dengan bermuhasabah diri (menghitung2 diri) dalam setiap perbuatan yang telah ia lakukan. Sebagaimana pesan Sahabat Nabi Amirul Mukminin Umar bin Khottob : " حاسبوا أنفسكم قبل أن تحاسبوا "
        " Evaluasilah (Hisablah) dirimu sebelum kalian dihisab dihadapan Allah kelak".
        7 jam yang lalu ·
      • Puty Jasmine Allah Swt. Allah menegaskan dalam firmannya Surat Ankabut ayat 69 : والذين جاهدوا فينا لنهدينهم سبلنا
        Orang-orang yang sungguh (mujahadah) dijalan Kami, Kami akan tunjukkan kpd mereka jalan2 Kami.
        7 jam yang lalu · · 1
      • Daeng Malik ada temen sy yg cerita,,,katanya,,ada satu group di milis jokam yg adminnya di jadikan rujukan tempat bertanya hukum2 agama,,padahal si admin adalah pemain band,,,,,kaciah jmh ni
        7 jam yang lalu ·
      • Daeng Malik Puty Jasmine...sy ijin copas,,,lalu insya alloh akan sy perkaya dgn dalil tambahan yg berhubungan dgn artikel tersebut,,jzkh
        7 jam yang lalu ·
      • Gindra Gunadi Makanya jangan "belagu" ... :)
        6 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Gindra Gunadi Nabi Shollallohu ‘alaihi wasallam, bersabda :
        “Inna minasy-sya’ri hikmatun” ... “Sesungguhnya di antara syair ada hikmahnya.” (HR. Bukhori No. Hadits: 5793).
        5 jam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Bank Anto ‎@Puty Jasmine : siapakah guru islam Syaikh Azzahrany itu ... ?
        5 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Kencana Hadianta mohon maaf ,tidak bermaksud membantah postingan diatas .....saya tidak munaroh ,saya suka musik apa aja yg penting sesuai selera saya , tapi saya juga gak mau mengharamkan musik bagi org lain karena selama tidak digaungkan atau digembor2ri oleh keimaman . yg penting bagi saya tetap 5 bab .bagi saudaraku yg mengharamkannya saya juga tidak membantahnya itu semua terserah pemahaman saudaraku sekalian,yg penting tetap 6 tobiat luhur,sekali lagi mohon maaf ini hanya untuk peribadi saya
        5 jam yang lalu ·
      • Gindra Gunadi Penulis harus bisa membedakan dulu antara Musik, Lagu, nyanyian dan syair, agar tidak rancu
        5 jam yang lalu melalui seluler · · 3
      • Teguh Prayogo alhamdullillaah jazaakumullohu khoiro atas nsehat-nya,

        agar"imbang", maka izinkan saya sumbang komentar dikit...

        ------

        @ daeng >

        buat saya, bertanya kepada admin milis jokam yang masih jadi pemain band dan ikhlas membantu sesama itu lebih baik... daripada bertanya kepada jokam sakit hati dan banyak ngentahi ijtihad imam yg sudah melalui musyawarah para ahli ilmu.

        toh jika ia ditanya pun, ia akan menjawab atas dasar luas-nya islam, berdasarkan dalil QH, bukan berdasarkan NOT BALOK.

        @ ALL of us >

        lurr... kita semua nggak usah sok paling suci, islam bukan hanya soal musik saja. banyak amal sholih2 lain yang insya Alloh akan memberatkan timbangan amalan dan menutup pintu2 dosa meski dosa itu sebanyak buih di lautan. jangan putus asa thd rahmat Alloh.

        mungkin soal musik, beberapa dari anda diqodar "menang", merasa diatas angin, merasa paling "nyunnah". tetapi soal jihad fi sabilillah dan amal sholih2 yang lain, belum tentu anda bisa menyangi orang yang dianggap masih dibawah anda itu. no body's perfect.

        perantara hidayah Alloh kepada kita, pak Nurhasan, yang ilmu-nya tinggi dan amal kebajikannya (secara zahir) nggak kehitung, beliau tetap meramut jokam2 yang masih bergelut di dunia musik. saya punya bukti rekaman dari salah satu ulama sepuh bagaimana sulit-nya pak Nurhasan meramut jokam yang bermacam2 warna ini. akhlak luhur macam pak Nurhasan yang tampak di hadapan orang2 awam ini memang sulit ditiru.

        bagi yang sudah merasa faham dan merasa ilmu-nya banyak.. ya syukuri saja. nggak perlu mudah men-tahdzir jamaah lain yang belum se-level anda.

        Alloh itu senang dengan kaum yang banyak dosa, namun mereka senantiasa ber-taubat. Sebab jika suatu kaum itu "suci" semua tanpa kesalahan, justru Alloh akan membinasakan mereka dan mengganti dengan kaum yang penuh dosa namun gemar bertaubat. (Hr. Muslim).

        nasehat saja bil ma'ruf.. nggak perlu pake keras/tahdzir, karena semakin keras dan lantang anda bicara, belum tentu mereka semakin simpati dengan anda... jika mereka malah menjauh dari hukum Alloh Rosul akibat gaya keras anda (gholizon qolb), maka bukan pahala besar yang anda dapat, justru dosa besar yang didapat. (cek aja Bukhori... dah khatam kan?)

        mohon maaf jika kurang berkenan.
        silakan temui saya di Jakarta kalo ada yang kurang puas. nulis capek sob.. cukup sekian lah..

        smg barokah
        - mantan thrasher -
        5 jam yang lalu · · 7
      • Bank Anto Puty Jasmine
        5 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Bank Anto Sy koq sprt gak asing ya,liat nama anda : Puty Jasmine... ?
        5 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Hani Mulya Jm Musik instrumen yg mengahsilkan nada dari alat musik yg dimainkan.
        Lagu2, nyanyian yg sudah pasti diikuti dg musik. Bisa diiringi Musik slow or yg keras.
        Nyanyian syair yg dinyanyikan baik dg musik or tidak.
        Syair sebuah tulisan yg indah jika didengarkan ketika dibaca or dilantunkan.
        #itu menurut sy*
        5 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Hary Kenzie Holygan musik/lagu hanya boleh waktu pesta pernikahan lainnya berarti gak boleh (CLEAR)
        5 jam yang lalu ·
      • Daeng Malik meramut,,,meramuttt
        5 jam yang lalu ·
      • Mansur Mbc Puty Jasmine kloningan baru lagi nih, lama-lama JU dipenuhi oleh akun2 siluman..
        permainan yg mudah ditebak, dan ini sengaja disetting begini..
        jenis makhluk apa juga belum tau, tp masih aja lolos masuk JU, tanda tanya besar kenapa bisa...??

        kang Daeng Malik yg anda tertawakan siapa? yg anda sebut "membolehkan" dg alasan "meramut" juga siapa? apa yg anda maksud adalah pengurus? pengurus siapa dan dimana?
        jika memang jawabannya memang pengurus, maka anda salah membicarakannya di forum ini..
        kalo mau menasehati pengurus, silahkan menghadap langsung dan bicara secara pahit madu..
        kalo ga mampu ngomong langsung, silakan kirim surat/sms/telpon/email/inbox/dll.
        kalo membicarakannya di forum ini, maka sama saja dg menggunjingkan meski dg "cara halus"..
        5 jam yang lalu · · 4
      • Hani Mulya Jm Kenapa banyak kloningan Pak Mansur ?
        5 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana tanya ama adminnya kenapa kloningan boleh masuk
        5 jam yang lalu ·
      • Hary Kenzie Holygan apapun kontroversi dibelakang pemilik akun substansinya larangan bermain musik/menyanyi selain di acara pesta pernikahan...
        5 jam yang lalu ·
      • Hani Mulya Jm Apa JU siap bersih dari kloningan?
        5 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Diana Wahyuni iya pak Mansur Mbc..n cep Rendy Ariawindana... admin lebih tahu..
        4 jam yang lalu ·
      • Gindra Gunadi Yang jadi masalah bukan kloningannya tapi tulisannya .. jangan ada provokasi
        4 jam yang lalu ·
      • Hary Kenzie Holygan setuju mas Gindra Gunadi tulisannya banyak kontroversi...!1
        4 jam yang lalu ·
      • Diana Wahyuni if people are trying to bring you down, it only means that you are above them.. pak Hary Kenzie Holygan...
        4 jam yang lalu · · 1
      • Mansur Mbc Hary Kenzie Holygan Gindra Gunadi bab musik ini sdh berkali2 di posting disini, sy tau mulai 2010 aja sdh ada, dan ujung-ujungnya pasti ribut..

        ibadah itu bukan utk dipaksakan, karna sdh jadi "nash-nya" Allah bahwa org iman itu ada 3 tipe: fastabikumbilkhoirot, muqtasidun, dan dholimu linafsihi..
        4 jam yang lalu · · 2
      • Mansur Mbc Gindra Gunadi oya yg dibilang provokasi itu yg mana ya?
        4 jam yang lalu ·
      • Gindra Gunadi Mansur Mbc : Ya siapa saja mas, namanya mengingatkan
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana klo gitu silahkan anak anda jgn di sekolahkan di tk karena di wajibkan menyanyi anak2 "HARAAAM" ga boleh masuk sd karena di wajibkan menyanyi juga indonesia raya dll "HARAAAMMM" ga boleh punya telinga karena mendengar hal2 yg berbau dosa "HARAAM" oke case close.. wkwkwkwkwk
        4 jam yang lalu ·
      • Mansur Mbc sy sangat mengapresiasi bagi saudara yg sering menasehati dg posting2an macam diatas..
        jazakumullahukhoiro
        4 jam yang lalu ·
      • Diana Wahyuni gimana ya Rendy Ariawindana..daku mengajar bahasa Inggris lewat lagu euy..
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana saya menghapal pelajaran juga make intnasi karena lbh menyerap ke otak
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana berarti haraaaammm hehehehe.. kentutnya cFirdaus Umar juga ada not2nya.. jadi jgn kentut karena HARAAAMM :p hehe
        4 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana c tante ngajak debat molo d JU.. salah group woiii klo mao ngajak debat.. bwakakakak.. yg kaya gini lempar ke group salafi klo mao ngajak debat.. klo mao nasehat ajah.. klo soal dalil buka2 hadist lagi ajah n nanya ke mubalegnya masing2 kelompok..

        et dah.. pan udah di bilangin yak jauh2 hari.. bujug dah.. *gayangomong orang tanggerang baledok c Rizkie A Sholiha :D
        4 jam yang lalu ·
      • Gindra Gunadi MULAI KOMEN2 NGAWUUR ... CAPEK DEH
        4 jam yang lalu · · 1
      • Firdaus Umar hue..eeee.eeeee.... kentutku merdu donk ren? pernah menikmatinya ya knag? wkwkwkkwkkkk
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana iya.. karena kentut gua lbh ngebas ketibang kentut loe yg string bangeeetzzz :))
        4 jam yang lalu ·
      • Hani Mulya Jm Hmmmm, Pak Rendy pan postingan di atas utk nasehati. Penerimaan nasehat mah nafsi2, naon make sagala Haram2 kituu, kompoor eeeh. Hehehehhe, peace
        4 jam yang lalu melalui seluler · · 2
      • Firdaus Umar komennya dikembalikan ke jalur yg benar aja... okeh kang Rendy Ariawindana... hehehehe
        4 jam yang lalu ·
      • Diana Wahyuni no comment ah
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana oke om Firdaus Umar ... notnya balikin ke doremi lagi yah.. tat tit tuuut cess..
        4 jam yang lalu ·
      • Firdaus Umar nah loh kang Rendy..... ane ga ikut2tan lho... heheheee
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana bohong. loe kan yg tadi kentut..
        4 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi Puty Jasmine: ajkh atas postingannya. cuman yg jadi tanda tanya ane:

        1. kalo emang ente org valid, kenapa posting pake akun klonengan (apa yg ente sembunyikan), amsol kasi tau ane sambung dimana, klmpk, desa daerah serta pengurusnya kasi tau ane. klo gak mau ngasi tau ane, ane hapus ente dari JU.

        2. sumber dalil2 tersebut ente mangkul dari mana? sebutkan MTnya, kapan dan dimana ente mangkul dalil2 trsbt (jangan sampe ente copas tanpa mangkul krn itu gayanya orang sarafy musuh bebuyutan ane dan anak2 JU di sini.)

        3. tunjukin ke ane ijtihad abah kita yg mengharamkan musik sampe detik ini. klo ente bisa nunjukin ijtihad abah tentang mengharamkan musik buat jokamers, ane akan memperkuat ijtihad abah dan mengharamkan 5,500 orang JUers di sini untuk bersentuhan dengan musik sama sekali.

        4. Udah berapa orang yg berhasil ente amar ma'ruf dengan menggunakan dalil haramnya musik ini? mudah2an banyak, aamiin.

        ane tunggu balasannya dalam 1x24 jam ini. :)
        4 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana ‎#HansipNungguPerintahPakRt
        4 jam yang lalu ·
      • Diana Wahyuni pengecut kali pak Rikhie Supriyadi...sama dengan surat kaleng..:-)
        4 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi Puty Jasmine: ane tunggu jawabannya.
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana Puty Jasmine: ga boleh nyontek
        4 jam yang lalu ·
      • Andy K Rizal ealah.. ta'kira apaan.. -_-"
        4 jam yang lalu ·
      • Dion Rasandi wakakak Rendy Ariawindana lu punya bakat buat stand up comedi...ngakak baca komen lu
        4 jam yang lalu ·
      • Bank Anto lagi di grup Menjadi Muslimin Muslimah (M3) ...
        4 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rikhie Supriyadi Puty Jasmine: haloooo....
        4 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana hehehe :D
        3 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta yuuuuuu huuuuuuuuu, helloooooooooooo anybody homeee?
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana yes plase aya naon nya? bade karekdok? :D
        3 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta keursa pisan komo bari jeung gratismah atuh kang rendy jzklh pisan uey
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana aya yeuh.. bade? #babatan rumpu heula hehe
        3 jam yang lalu ·
      • Diana Wahyuni Rendy Ariawindana...karedok via inbox yahh
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana siap tante.. :D
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura emang mas Teguh Prayogo masih main musik ? bukannya udah lama berhenti say ? @all : kontroversi postingan Puty Jasmine yang mana sih ? Hadistnya2nya ?
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana hehehe :D
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana dari hamba sahaya di rename ya? :p
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura yang tanya2 ttg Puty Jasmine...ane yg tanggungjawab ! :-)
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana hwahahaha :p
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura Rikhie Supriyadi : ijtihad itu ada, apabila sudah tidak ada lagi nash sohih yang tertulis di alqur'an dan hadist mengenai perkara sesuatu.
        3 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta dari postingan diatas ,timbul angan2 saya yg bodoh ini bahwa mendengarkan musik seharam minuman keras dan daging babi(maaf kalo slah) tapi kalo seperti itu kok keimaman anteng2 aja ,kok gak digaungkan keharamannya?,,,,,,( hanya pertanyaan dalam hati)
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura hehehe...ayo silakan aja yang mau tasyabbuh dgn hobynya para Nashoro...
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura BODOH yang menganalogikan haramnya musik sama seperti BABI atau MIRAS. Silakan buka Ibnu Majanya halaman 613-615 Insya Allah. Udah pada manqul kan ? Sebenarnya utk hal2 yang jelas seperti diatas tapi kalian masih menDEBAT...itu artinya kalian usaha ngakal2i...silakan kalian PROTES sama yang menurunkan ayat2 tentang MUSIK/NYANYI2AN...
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana iya GOBLUOOKK.. hehehe.. pada ngomong apa c?
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana klo ga mao mendebat kok mancing debat? :D *bingung :p
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura Rendy Ariawindana : kan kata Pak Riawan member JU ini level kefahamannya udah MENENGAH-ATAS ?
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana iya.. artinya udah ngerti dan ga usah di pancing2 lagi :D
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura kenyataannya masih protes sama ayat....itu kan artinya masih harus diingatkan bro ? Saya jadi teringat inbox suami sy yg tiba2...manakala dia lihat para jokam termasuk saya membela2 sesuatu yang memang salah...dia inbox begini : Kesalahan jokam2 itu adalah, masih saja membela2 sesuatu yang benar adanya salah. Bila ingin jokam itu diterima tanpa syarat2, janganlah membela2 kesalahan...
        3 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta waduh maaf saya gak termasuk sebab himpunan aja saya belum khatam, makanya saya jadi bingung ,sudah saya tanya mubaleghnya tapi perkara musik = lahan ,mendengarkan musik boleh yg penting tidak melupakan ibadah itu jawaban yg saya terima
        3 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta ‎??????????????????
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana saya c ga membela.. tapi mentralkan hal yg seharusnya ga usah di debat.. masa tampang udah tua kelakuan kaya anak kecil.. hahaha.. pikaambeukan wae dah.. setidaknya gini.. sekali nasehati klo ga terima semua di kembalikan ke masing2 jamaah.. ke yakinan kepahaman seseorang itu ga bisa di paksakan.. dan tidak ada paksaan dalam agama jadi sekali nasehat dan semuanya di kembalikan ke masing2.. hehehe.. klo udah pernah di nasehati trus malah di posting lagi n di perpanas.. jatohnya orang bukannya mao menerima nasehat malah jadi nantangin ;)

        klo saya c orangnya cuek ajah karena emank masih kurang nasehat jadi perlu banyak di nasehati.. tapi ada solusi yg lbh baik ga? di dalam kehidupan sehari2 kan kita ga lepas dari nyanyian.. ane bisa menjamin klo anak ente masuk tk di ajarin hal yg dilarang yaitu menyanyi.. klo masih di lanjutkan berarti menelan ludah sendiri

        we love u all dude :D
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana trus tiap mubaleg di tempatnya masing2 punya pengertian yg agak membingungkan karena ada yg bilang ga masalah ada yg bilang masalah.. klo ane c ambil gampangnya = molor (nyanyi di alam mimpi) hahahahahahahaha
        3 jam yang lalu ·
      • Teguh Prayogo demi Alloh Ta'ala.. saya berlepas dir/cuci tangan/lebaran dari perselisihan thread ini.

        wasslaamu'alaikum!
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura ya sudah...maaf kalau postingan diatas kalian protes ! Rendy Ariawindana : gue masih sangat muda dan cakep kaleee...hehehe...tanya tuh yg kenal ! hahaha...Ya sudah case close ya ? tapi itu apa adanya...dan memang demikianlah,,,maaf MasTeguh Prayogo, sy selalu lupa soal RUHAMA itu...abis gregetan banget liat generus2 yang lebh sering mulutnya komat2 sambil ngikutin lagu yg didengerin pake head phone...
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana klo mulutnya komat kamit gegel weeh :))

        muda dan cakep? :D hehehe.. make formalin yah oma? :))
        3 jam yang lalu ·
      • Andy K Rizal Faham kok masih mainan pesbuk!
        3 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana berarti om andy ga paham donk? :p
        3 jam yang lalu · · 1
      • Firdaus Umar TEEEEETTTTTT..... bunyi alarm.... delete detected oiii.... slow down... oceh :)
        3 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana GEGEL SIAAHHH :D
        3 jam yang lalu ·
      • Dion Rasandi YG BAKSO YG BAKSO YG BAKSO
        3 jam yang lalu · · 2
      • Rendy Ariawindana semangka2 jeruk2 purut2
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura Firdaus Umar : kalau yg bisa diambil manfaatnya oleh sebagian, jangan dihapus...semoga barokah !
        3 jam yang lalu ·
      • Dion Rasandi IBANEZ IBANEZ IBANEZ MADE IN INDONESIA
        3 jam yang lalu · · 1
      • Rendy Ariawindana sabaraha kang ibanesna?
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana bisa diambil manfaatnya bagi yg ngerti.. tp yg ga bakal kebingungan dan akhirnya.. jebret.. top thread :p
        3 jam yang lalu ·
      • Farida Naura Tp gw seneng, adanya thread ini, bikin mas Teguh Prayogo komen dan nulis postingan...plus inbox lagi ttg RUHAMA. hehehe...jazakumullohukhoiro...
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana kikiww... :D
        3 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana clbk *ciluk ba :p
        3 jam yang lalu ·
      • Abdul Sastrodirojo T
        “Di akhir zaman nanti akan ada (peristiwa) di mana orang-orang ditenggelamkan (ke dalam bumi), dilempari batu dan dirubah rupanya,” lalu seorang laki-laki dari kalangan kaum muslimin bertanya, “Kapankah hal itu terjadi.” Beliau menjawab, “K...Lihat Selengkapnya
        3 jam yang lalu · · 1
      • Firdaus Umar ini baru warning aja jeng FN... belum ada delete2an... biar reda ajah... saling menahan diri.. belajarlah mengendalikan emosi. gunakan kecerdasan emosional.. :)
        3 jam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Abdul Sastrodirojo T
        “Di akhir zaman nanti akan ada (peristiwa) di mana orang-orang ditenggelamkan (ke dalam bumi), dilempari batu dan dirubah rupanya,” lalu seorang laki-laki dari kalangan kaum muslimin bertanya, “Kapankah hal itu terjadi.” Beliau menjawab, “K...Lihat Selengkapnya
        3 jam yang lalu · · 1
      • Hani Mulya Jm Ada alat musik yg dibolehkan dan tidak boleh.., apakh itu?
        3 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Firdaus Umar penting jamaah lur... lebih joss lagi jadi jamaah sing paham, bisa menghindar dr music2...
        3 jam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Dion Rasandi gitar yg bisa nyetrum . betulkan mbak Hani Mulya Jm
        3 jam yang lalu · · 1
      • Kencana Hadianta MAS BRO AND MBAK SIST , saya jadi tambah bingung insyaallah saya juga pengen masuk SURGA,tapi inikan (jm quran hadis) saya sebagai jamaah yg memang belum lama ngajinya jadi tambah bingung, ada yg buka hadist segitu menyeramkan nya hukum musik ,tapi fakta didunianyata tak seharam yg diutarakan oleh hadis diatas mengapa?
        3 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta ketika perkara rokok saja ada kejelasannya
        3 jam yang lalu · · 1
      • Abdul Sastrodirojo T kelak akan ada yg namanya zaman penghabisan yaitu zaman pemisahan antara org iman yg penuh keimanan tanpa kemunafikan sama sekali,
        dan org munafik tanpa keimann sama sekali...
        musik,penyanyi inilah salah satunya yg bikin bumi gempa
        3 jam yang lalu · · 1
      • Abdul Sastrodirojo T lagu bisa menumbuhkan sifat kemunafikan di dalam hati.
        2 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana
        iya pernah dapet dalilnya.. dan itu sudah terjadi kok yg penyanyi dan alat musik dan minum2man keras.. klo ke jakarta pasti udah akan terbiasa dgn hal itu.. ditambah lokalisasi yg udah hal biasa ada di pinggiran jalan jakarta mangga besar, ...Lihat Selengkapnya
        2 jam yang lalu ·
      • Hani Mulya Jm Pak Dion, maaf sy dilupakan, makanya sy comment spt itu.

        Pak Kencana Hadinata, kenapa mesti bingung, kita menjalani iajaran Alloh tidak perlu dipaksakan. Ikuti dg kefahaman kita. Postingan diatas itu berupa nasehat. Kita nerimanya yaa sepaham dan semampu kita menjalaninya. Musik itu termasuk lahan. Klo belum mampu meninggalkan secara langsung yaa pelan2. Krn sy juga belum bisa lepas dari lahan, namanya nafsu masih susah utk mengendalikan. *mohn maaf jk ada kata2 yg salah n tdk berkenan*
        2 jam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Dion Rasandi cak Hary Kenzie Holygan
        2 jam yang lalu ·
      • Hary Kenzie Holygan ada apa gan Dion Rasandi...
        2 jam yang lalu ·
      • Dion Rasandi bakso yg enak sekitaran malang dimana cak Hary Kenzie Holygan
        2 jam yang lalu · · 1
      • Hary Kenzie Holygan tanya Mansur Mbc tuh...
        2 jam yang lalu ·
      • Hani Mulya Jm Sebuah harapan, moga orang2 jokam yg dah tau dalil,paham, tidak mendekati hiburan yg melenakan smp menjerumuskan diri pada nista hina akhirat yaa pak Rendy..,
        Na'udzubillahimindzalik taah dunia malam
        2 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Dion Rasandi cak Mansur Mbc lg ngopi mungkin
        2 jam yang lalu ·
      • Andy K Rizal Paham kog masi mainan pesbuk!
        2 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Mbah Jiman Aseli terus ini kesimpulannya gimana..?
        2 jam yang lalu ·
      • Kencana Hadianta case close mbah kesimpulan ada dua boleh kalo belum mampu ,haram kalo udah mampu,,,he he he peace
        2 jam yang lalu ·
      • Rikhie Supriyadi pertanyaan ane blm dijawab nih. 18 jam lg menuju pendeletan akun..
        2 jam yang lalu melalui seluler ·
      • Farida Naura Rikhie Supriyadi : liat IP Address aja...minta bantuanRendy Ariawindana. wkwkwkwk
        2 jam yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana ga mao.. mintanya no telp.. boleh minta?
        sekitar sejam yang lalu ·
      • Aizah Rizqy tentang lagu,terus terang mumet ndasku ngerungo'ne musik apalagi yg ngebas2...
        sekitar sejam yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya kayaknya ada yg mau nanggung jawab si akun puty jasmine, siapa ya?
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler ·
      • Zul Fadhly doeloe insya Alloh manqulan..sepanjank tidak syirik gpp ( lahan azza ).....biar gak jadi perdebatan dan "jatuh-menjatuhkan'..amsol ditanyakan azza ke ulama' 100..
        sekitar sejam yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya selama yg punya posting tdk komen, tdk bs mempertanggungjawabkan hasil postingannya, isnadnya lemah & meragukan. apakah hasil copas dr grup2 yg mencurigakan? bila iya... DELETE Postingannya & tendang aja yg punya akunnya juga....
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Hani Mulya Jm Mb Farida Naura, kenapa ga 1 akun aja yg di pake di JU? Cukp mba Farida Naura biar lebih nyedulur.., hehehehehhe, ajkh
        *saran aja*
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Hani Mulya Jm Maksudnya cukp akun yg atas nama mba *Farida Naura*
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler · · 1
      • Noviyan Van Yogya ooh ini akunnya farida naura, masya allah... ternyata,
        sekitar sejam yang lalu melalui seluler ·
      • Bank Anto ada akun2 tertentu yg hanya digunakan untuk 'hit and run' ...
        55 menit yang lalu melalui seluler ·
      • Hani Mulya Jm Bukan sy yg comment lho klo ini akunnya mba Farida Naura...
        54 menit yang lalu melalui seluler ·
      • Noviyan Van Yogya hit & run, kayak judul film...
        52 menit yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana emank ada yg lbh bagus dari hit? lbh mahal banak
        49 menit yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya buat anak, kok coba-coba...
        46 menit yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana saya coba duaaa
        46 menit yang lalu ·
      • Bank Anto hit n run,kyak sniper bro ..
        dia tinggalkan pesan/nasehat tpi stlh jdi prdebatan atw kontroversi dia kabur (wait and see),biarkan 'org lain' yg mnghadapi pro kontra-nya ..
        di lain waktu akan muncul lgi,mnghilang lgi ... trus bgitu ..
        43 menit yang lalu melalui seluler ·
      • Noviyan Van Yogya dgn kata lain si akun ini dgn tegas saya bilang "PENGECUT" memposting dr hasil copasan.. tanpa mengaji lgs ke mubhalighnya
        35 menit yang lalu melalui seluler · · 1
      • Bank Anto akun seperti ini di kick atau di delete .. orangnya tetap ada di sini ..
        makanyayg dia pake akun lain utk 'shooter' krn dia sadar klo terpojok gak bisa kasih penjelasan pasti bakal kena tendang ..
        akun begini biasanya photo/data profile kosong atau palsu (fake) ..
        27 menit yang lalu melalui seluler · · 2
      • Gindra Gunadi Penulis/pemosting tidak mau mendengar pendapat ulama (termasuk ulama 100), beliau lebih mengacu ke NASH QH ... Haha
        15 menit yang lalu melalui seluler · · 1
      • Rendy Ariawindana mantap bang anto.. salam metal :D
        11 menit yang lalu · · 1
      • Farida Naura Akun Puty Jasmine itu bukan akun baru, salah satu admin di grup The Generus dan Qiyamul Lail Wa Da'watullail...Dulu sebelum rename Puty Jasmine, bernama Rida Rose. Pak Gindra Gunadi, insya alloh salah satu yang masuk ke dalam ulama yang 100, udah sering ngomong ke saya, kalo dia itu udah lama tinggalin nyanyi2an sejak 2007...
        7 menit yang lalu ·
      • Bank Anto beres sholat,mum n skr mau ngaji dulu,ahhhh ..... !.
        4 menit yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana boonk ah
        4 menit yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana selama blm telp ke saya :D..

        kita jengah dengarkan banyak alsan.. kita bosan dengarkan cerita *pas band
        3 menit yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya termasuk ulama 100 ? alm. mertuaku pak rockieb arif jg termasuk ulama 100, insya allah meninggal dalam usia 63 tahun. Rida rose ini berarti udah tua sekali dong...
        3 menit yang lalu melalui seluler ·
      • Rendy Ariawindana ambigu nih statemennya.. hmm..
        3 menit yang lalu ·
      • Farida Naura Kenapa dia tinggalin ? Karena dia berpegang pada nash QH...kenapa sebagian mubaligh mengatakan bahwa musik itu hanya "lahan" ? ya karena melihat faktor RUHAMA dlm menyikapi pertanyaan jm. Mengapa ulama itu kepada sy berani mengatakan bahwa hal itu haram ? Krn dia sudah tidak ragu kpd saya bahwa sy blm mengerti hal itu...mungkin kalau yang bertanya adalah org yg blm begitu dia kenal, jawabannya akan "budi luhur'.
        2 menit yang lalu ·
      • Gindra Gunadi Saya tidak menyelisihi postingan di atas, tapi alangkah baiknya jika dijelaskan lebih rinci tentang nyanyain itu ... Karena di group ini pemahamannya beragam.
        Soal akun itu saya sudah sangat kenal ... ;)
        2 menit yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana kita jengah dengarkan banyak alsan.. kita bosan dengarkan cerita *pas band
        sekitar satu menit yang lalu ·
      • Noviyan Van Yogya termasuk ulama 100 ? alm. mertuaku pak
        rockieb arif jg termasuk ulama 100, insya
        allah meninggal dalam usia 63 tahun. itu sudah 6 tahun yg lalu meninggalnya. Rida
        rose ini berarti udah tua sekali dong...
        beberapa detik yang lalu ·
      • Rendy Ariawindana klo udah tua asumsinya insyaallah kemungkinan gaptek.. biasanya gitu.. hmmm.. mencurigakan nih..
        beberapa detik yang lalu ·